Skip to main content

SURAT KEEMPAT


"Apa kabar?

Kamu pasti baik-baik saja bukan? Aku juga baik-baik saja. Kecuali hatiku.

Kamu tahu, sekarang aku berada di mana? Aku berada di pantai. Pantai pertama yang pernah kita datangi bersama. Dulu. Ah, sudah lama sekali. Kamu mungkin tidak mengingatnya, tapi aku, aku bahkan tidak bisa melupakannya meski aku ingin. Bagaimana aku bisa melupakan pantai ini jika ia menyimpan kenangan bersama kamu?

Sebenarnya aku pernah berjanji pada diriku sendiri untuk tidak pernah datang ke sini lagi semenjak hari di mana kamu memutuskan untuk 'berubah' dulu. Saat itu aku telah memutuskan untuk melupakan segala tentang kamu, termasuk pantai ini. Tapi begitulah, aku selalu kalah oleh perasaanku sendiri. Bagaimanapun aku berusaha, perasaan untukmu tidak pernah berkurang barang sedikitpun. Bahkan setiap hari ia bertambah, membuat sesak hati.

Apa kamu penasaran kenapa aku berada di sini sekarang? Meskipun tidak, biar kukatakan alasannya: Pertama, karena aku merindukan kamu! Iya, karena aku rindu kamu. "Apa itu artinya aku tidak pernah merindukannmu di hari-hari lain?" Tidak! Kapan aku tidak pernah merindukanmu? Aku selalu. Tetapi kali ini aku tidak bisa menahannya. Dan sebelum rindu itu semakin besar, sebelum hatiku semakin sesak maka kuputuskan untuk mendatangi pantai ini. Aku ingin menguranginya; mengurangi rinduku; mengurangi sesak di hati .

Alasan lainnya kenapa aku ke pantai ini sekarang adalah karena hari ini tepat setahun aku kehilangan kamu. Apa kamu ingat? Mana mungkin kamu ingat?! Kamu tahu, di hari itu aku ke tempat ini. Di hari tepat di mana kamu 'berubah'. Aku sendiri, duduk mematung memandangi tiap tempat di mana kamu duduk dan berdiri di sini dulu. Hari itu aku juga menuliskan surat untuk kamu. Surat ketiga. Surat panjang berisi pengakuan atas perasaanku padamu, surat yang juga berisi tumpahan rasa sakit karena harus kehilanganmu di hari itu. Kehilangan? Ah, aku bahkan tidak pernah memiliki kamu.

Mama pernah bilang, "Ri, kita merasa kehilangan bukan karena kita memiliki. Kita merasa kehilangan karena kita mencintai" Dan itu pembenaran atas rasa kehilanganku. Meskipun aku tidak pernah benar-benar memilikimu, meskipun kau tidak pernah kumiliki, aku merasa kehilangan karena aku mencintai kamu.

Dan sampai sekarang... rasa itu tetap ada. Cinta itu masih sama. Menjadi luka yang tidak pernah sembuh. Tidak akan pernah sembuh. Kau tahu saat kita kehilangan orang yang kita cintai kita tidak hanya dan akan berkabung hari itu saja, melainkan seumur hidup kita.

Apa kabar?

Sungguh aku ingin tahu bagaimana keadaanmu meski aku yakin kamu pasti baik-baik saja. Kamu juga pastinya bahagia bukan? Aku mungkin juga bahagia. Mungkin.

Ngomong-ngomong ini sudah kali ke empat aku menuliskan surat untuk kamu. Meskipun aku tahu, peluang surat ini dan surat-surat lain sebelumnya bisa kamu baca adalah satu banding sejuta kemungkinan. Sama seperti peluang hatiku bisa memiliki hatimu. Tapi ini adalah caraku untuk bisa jujur dengan perasaanku, cara untuk mengakui bagaimana perasaanku yang sesungguhnya, cara untuk mengatakan betapa hatiku begitu menginginkan kamu, dan selebihnya untuk mengurangi sedikit sakit dan sesaknya memendam perasaanku padamu.

Jika surat-surat itu ditemukan oleh orang lain maka boleh jadi ada yang sudah tertawa di luar sana membaca surat pertama dan keduaku, tentang bagaimana aku bisa jatuh cinta padamu, bagaimana aku berusaha mencuri perhatianmu, bagaimana konyolnya aku setiap kali di dekatmu, juga bagaimana pandanganku tidak bisa lepas darimu. Boleh jadi juga ada yang sudah mengasihani pemilik surat bodoh itu ketika membaca surat ketigaku di hari kamu 'berubah' dulu. Atau boleh jadi, belum ada yang membuka botol-botol berisi surat untukmu yang kuhanyutkan itu.  Surat-surat berisi rahasia terbesarku. Surat-surat pengakuanku.

"Aku takut. Aku takut masih mencintaimu meskipun Tuhan tidak menggariskan kamu untukku" Aku ingat pernah menulis kalimat itu di salah satu surat-suratku sebelumnya. Sekarang ketakutanku itu malah terjadi. Dan jika bisa meminta pembenaran; bukankah perkara cinta selalu membuat hati sulit untuk dikendalikan? Aku tidak bisa membuat cintaku berkurang untukmu, bahkan ketika aku terluka dengan sangat. Aku tidak pernah bisa menghapus namamu yang sepertinya dibuat permanen di dalam hatiku. Aku mencintaimu hingga sekarang...

Dan entah sampai kapan...

Terakhir, jika keajaiban membuat kamu bisa membaca surat ini aku ingin menanyakan satu hal penting yang ingin ku ketahui sejak dulu-meskipun dengan berubahnya kamu sebenarnya telah menjadi jawaban-

tapi...

apa kamu pernah memiliki 'perasaan itu' padaku? apa kamu pernah mencintaiku barang sedikit saja?

..."
            ***            ***            ***            ***            ***
Aku menggulung kertas berisi pengakuan dan rahasia tentangnya yang baru selesai kutulis, memasukannya ke dalam botol lalu ku lemparkan ke laut. Ini adalah surat keempatku untuk 'seseorang yang lain'. Entah dari mana aku mendapatkan ide tersebut. Jelasnya menulis pengakuan dalam surat-surat itu cukup membantu mengurangi sesak di hatiku. Aku menghembuskan napas lega sambil memandangi botol yang kini 'berlayar' membawa 'rahasiaku'.

Di saat-saat dramatis seperti itu tiba-tiba suara Yaya menirukan gurunya terngiang ditelingaku "Jangan pernah membuang sampah ke laut, itu bisa mengotori dan mencemari laut. ... ..." Ah, aku jadi merasa bersalah telah mengotori dan mencemari laut. Aku janji, ini akan jadi yang terakhir kalinya.


Aku masih belum ingin pulang. Aku masih ingin di sini...

Comments

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Diskon? (AADD)

Siapa hayoo yg kalo dengar kata diskon gendang telinganya besar matanya melotot? Disadari atau nggak, kata diskon merupakan jurus ampuh yg selalu bisa membuat jualan laku. Percaya deh, kalau ada kata diskon terpampang pasti banyak orang yg bakalan menyerbu. Sebenarnya sih diskon itu cuman strategi pemasaran yg digunain penjual untuk mengelabui konsumen. Iya? Setidaknya, ada dua strategi diskon (lebih tepatnya sih pemalsuan diskon wkwkwk) yg biasa digunakan oleh penjual untuk membuat barangnya laku. Pertama, diskon diberikan hanya untuk produk yang merupakan barang lama yg gak laku. Namanya barang lama daripada gak laku terus gitu menuhin gudang mending dijual dengan harga murah (diberi potongan harga) biar bisa diganti dengan produk baru yg lebih trendi. Kedua, terkadang sebelum didiskon, harga dinaikkan terlebih dahulu. Jadi misalnya ada barang dengan harga sebenarnya Rp.100.000, nah dinaikkan nih oleh si penjual menjadi Rp.200.000 terus diberi diskon 50%. Paham ka

South Halmahera Regency

From Wikipedia, the free encyclopedia (https://en.wikipedia.org/wiki/South_Halmahera_Regency) South Halmahera Regency Regency Seal Country   Indonesia Province North Maluku Island Halmahera Capital Labuha Area  • Total 8,892 km 2 (3,433 sq mi) Population (2010)  • Total 198,911 Time zone WIT ( UTC+9 ) Website http://www.halselkab.go.id South Halmahera Regency or Halmahera Selatan is a regency of North Maluku Province, Indonesia . It lies partly on Halmahera Island and partly on smaller islands to the west and south of Halmahera. As of 2010 it had a population of 198,911 people. [ 1 ] The capital lies at Labuha on Bacan Island. Islands It is home to a number of archipelagoes and islands. Among them: Obi Islands , including Obira (main), Bisa, Obilatu and other small islands, comprising in all 5 kecamatan with 41,455 people at the 2010 census. Bacan Islands , including: Bacan I

Review Jurnal Manajemen Strategi

Judul               : Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor    pada PT. Samekarindo Indah di Samarinda Sumber            : eJournalAdministrasiBisnis 2013, 1 (1): 56-70                           ISSN 0000-0000, ejournal.adbisnis.fisip-unmul.org                           @copyright2013 Penulis             : Nur Afrilita T. Reviewer         : Fachran Nurdiansyah Arifin PENDAHULUAN             PT. Samekarindo Indah adalah perusahaan yang bergerak dalam penjualan kendaraan Suzuki dan merupakan Main Dealer Suzuki (distributor utama) yang ditunjuk oleh PT. Indomobil selaku ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) Suzuki untuk wilayah penjualan Kalimantan Timur khususnya di wilayah Samarinda. Selain melayani penjualan kendaraan Suzuki, PT. Samekarindo Indah memberikan pelayanan seperti servis serta menyediakan suku cadang bagi kendaraan Suzuki. Dalam hal sepeda motor, realisasi pengadaan dan pemasaran sepeda motor Suzuki mengalami fluktuasi pangsa pas