Skip to main content

Pagi di Sebuah Bank



Waktu menunjukkan pukul 9.45 WIT saat saya sampai di depan pintu bank. Untuk mengurus sesuatu di bank sepertinya saya terlalu terlambat karena datang di jam segitu. Saat satpam bank membukakan pintu saya mendapati kursi-kursi telah dipenuhi oleh orang-orang.

Saya berdiri di samping pintu saat Pak Satpam bertanya:
"Mau ngurus apa,?"
Saya menjawab pertanyaan Pak Satpam dan beliau lalu meminta beberapa 'dokumen' yang diperlukan untuk 'urusan' saya tersebut. 'Dokumen' tersebut kemudian diserahkan kepada mba-mba pegawai bank yang sedang melayani nasabah-sementara saya disuruh menunggu oleh pak Satpam.

Syukurlah, kursi-kursi di depan meja mba pegawai bank yang telah penuh akhirnya ada dua yang kosong. Satu di ujung kanan bagian paling depan dan satunya lagi tepat di belakang kursi kosong yang satunya. Saya pun menuju kursi yang paling depan dan bersamaan saat saya suduk, seorang kakek menepuk pundak saya sambil tersenyum kemudian beliau duduk di kursi tepat di belakang saya. Saya membalas senyum beliau dan membuat gerakan kepala sedikit menunduk pada beliau.

"Ah, mungkin tadi beliau menunggu saya duduk agar beliau bisa lewat" Pikir saya karena sebelum duduk tadi saya masih merogoh saku celana mencari smartphone dan mungkin menghalangi jalan beliau ke kursi kosong lain di bekakang saya.
"Apa saya seharusnya mempersilahkan beliau untuk duduk di depan dan saya saja yang di belakang? Aah, kayaknya tidak usah toh beliau juga sudah duduk" Saya membatin.

Sedetik kemudian jari-jari saya telah sibuk menekan dan mengusap-usap layar smartphone saya. Yaa, ini adalah cara mengusir kebosanan ketika mengantri (menunggu). Beberapa orang yang menunggu gilirannya dipanggil mba pegawai bank juga melakukan hal yang sama; sibuk dengan smartphone mereka masing-masing.

Hampir setengah jam menunggu, nama saya akhirnya dipanggil. Setelah menulis beberapa hal di kertas yang dikasih sama mba pegawai bank, saya diminta untuk duduk kembali di tempat saya tadi untuk nanti dipanggil lagi.

Saat kembali ke tempat duduk saya, saya melihat kakek yang menepuk pundak saya tadi melambai kepada seorang ibu-ibu yang berdiri di dekat pintu bank-tempat saya berdiri sebelumnya. Ibu-ibu itu sedang menggendong anaknya yang usianya mungkin masih dalam hitungan bulan.

"Mungkin ibu-ibu itu adalah anak si kakek!"
"Mungkin ibu-ibu itu adalah kenalan si kakek!"

Seperti biasa hati saya bisik-bisik di dalam.

Karena ibu-ibu tadi tidak melihat ke arah kakek, beliau pun berdiri dan menghampiri ibu-ibu tersebut. Dari tempat duduk saya, saya memperhatikan mereka.

"Ibu, ibu silahkan duduk di sana saja" Kakek tadi menunjuk kursinya sendiri sambil tersenyum.

"Tara apa tete. Tete yang duduk saja. Tara apa" Balas ibu itu dengan raut wajah tidak enakan.

"Jangan. Ibu yang duduk sudah, Ibu deng anak kong" Karena kakek itu terus memaksa Ibu itu akhirnya menuju tempat duduk si kakek. Saya pura-pura menekuri smartphone saya saat ibu-ibu tersebut lewat dan akhirnya duduk di bekakang saya.

Astaga, apa yang salah dengan saya?

Membiarkan kakek-kakek berdiri dan memberikan tempat duduknya kepada orang lain sementara saya hanya duduk manis saja menonton?

Saya memperhatikan satu persatu orang-orang yang saat itu sedang duduk; dua cewek dan dua cowok (sepertinya mahasiswa) di jajaran kursi paling belakang, tiga abang-abang di samping kiri, juga yang lain-lainnya; semuanya sedang sibuk menekuri smartphone mereka. Mereka hanya menatap sekilas saat mendengar kakek dan ibu-ibu tersebut mengobrol lalu sibuk lagi dengan smartphone mereka. Bahkan ada yang tidak menengok, tidak tertarik sama sekali.

Saya masih tidak percaya dengan apa yang saya lihat dan lebih tidak percaya lagi saya juga sama seperti mereka. Tidak melakukan apa-apa.

Astaga!

Mata saya tidak bisa terlepas dari beliau yang sedang berdiri di tempat ibu-ibu tadi. Rasa bersalah dan rasa malu yang besar memaksa otak saya memikirkan cara agar beliau bisa duduk kembali.

Saya berdiri menghampiri beliau. Melihat saya, beliau tersenyum. Saya membalas senyuman beliau.
"Pe lama sampe e Tete" Saya pura-pura mengeluh

"Tete. Tete duduk di saya pe tampa sudah" Melihat raut wajah beliau yang sama seperti saat ibu-ibu tadi saat ditawarkan tempat duduk-saya bersuara lagi:
"Tara apa tete. Hehehe" Beliau tersenyum pada saya sebelum akhirnya menempati tempat duduk saya.

Saya merasa lega melihat beliau akhirnya duduk. Tak lama kemudian nama saya dipanggil kembali oleh mba pegawai bank. Setelah membayar biaya administrasi saya bergegas keluar. Saya ingin menoleh ke kakek tersebut sebentar untuk memberikan 'senyum pamit' tapi saya urungkan.

Semoga beliau tetap sehat, selalu dimudahkan segala urusannya, dan semoga kebaikan selalu menyertai langkah beliau.

Aamiin.

#cttnAA

Comments

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Diskon? (AADD)

Siapa hayoo yg kalo dengar kata diskon gendang telinganya besar matanya melotot? Disadari atau nggak, kata diskon merupakan jurus ampuh yg selalu bisa membuat jualan laku. Percaya deh, kalau ada kata diskon terpampang pasti banyak orang yg bakalan menyerbu. Sebenarnya sih diskon itu cuman strategi pemasaran yg digunain penjual untuk mengelabui konsumen. Iya? Setidaknya, ada dua strategi diskon (lebih tepatnya sih pemalsuan diskon wkwkwk) yg biasa digunakan oleh penjual untuk membuat barangnya laku. Pertama, diskon diberikan hanya untuk produk yang merupakan barang lama yg gak laku. Namanya barang lama daripada gak laku terus gitu menuhin gudang mending dijual dengan harga murah (diberi potongan harga) biar bisa diganti dengan produk baru yg lebih trendi. Kedua, terkadang sebelum didiskon, harga dinaikkan terlebih dahulu. Jadi misalnya ada barang dengan harga sebenarnya Rp.100.000, nah dinaikkan nih oleh si penjual menjadi Rp.200.000 terus diberi diskon 50%. Paham ka

South Halmahera Regency

From Wikipedia, the free encyclopedia (https://en.wikipedia.org/wiki/South_Halmahera_Regency) South Halmahera Regency Regency Seal Country   Indonesia Province North Maluku Island Halmahera Capital Labuha Area  • Total 8,892 km 2 (3,433 sq mi) Population (2010)  • Total 198,911 Time zone WIT ( UTC+9 ) Website http://www.halselkab.go.id South Halmahera Regency or Halmahera Selatan is a regency of North Maluku Province, Indonesia . It lies partly on Halmahera Island and partly on smaller islands to the west and south of Halmahera. As of 2010 it had a population of 198,911 people. [ 1 ] The capital lies at Labuha on Bacan Island. Islands It is home to a number of archipelagoes and islands. Among them: Obi Islands , including Obira (main), Bisa, Obilatu and other small islands, comprising in all 5 kecamatan with 41,455 people at the 2010 census. Bacan Islands , including: Bacan I

Review Jurnal Manajemen Strategi

Judul               : Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor    pada PT. Samekarindo Indah di Samarinda Sumber            : eJournalAdministrasiBisnis 2013, 1 (1): 56-70                           ISSN 0000-0000, ejournal.adbisnis.fisip-unmul.org                           @copyright2013 Penulis             : Nur Afrilita T. Reviewer         : Fachran Nurdiansyah Arifin PENDAHULUAN             PT. Samekarindo Indah adalah perusahaan yang bergerak dalam penjualan kendaraan Suzuki dan merupakan Main Dealer Suzuki (distributor utama) yang ditunjuk oleh PT. Indomobil selaku ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) Suzuki untuk wilayah penjualan Kalimantan Timur khususnya di wilayah Samarinda. Selain melayani penjualan kendaraan Suzuki, PT. Samekarindo Indah memberikan pelayanan seperti servis serta menyediakan suku cadang bagi kendaraan Suzuki. Dalam hal sepeda motor, realisasi pengadaan dan pemasaran sepeda motor Suzuki mengalami fluktuasi pangsa pas